World Cup 2014 and Germany

Lagi musim bola gini, rasanya rugi kalo nggak ikutan heboh. Hehe…

Soal jagoan, saya sih selalu jagoin Jerman tiap Piala Dunia sejak 2002. Thanx to my cousin yang menjejali saya dengan Jerman waktu itu. Sampai sekarang saya jadi Jermania. Tapi gpp sih, soale pemain Jerman emang ganteng-ganteng, selain jago-jago. #eh

Buat info yang pengen nonton pertandingan-pertandingan Piala Dunia di Brazil, saya share jadwal nya ya.

Jadwal-Lengkap-Piala-Dunia-2014

Ngomong soal bola, berhubung saya fans sepakbola Jerman, pemain favorit saya juga pastinya orang Jerman dunk. Ya iya lah ya, masa pemain Kamerun? Hehe…

Mau share dikit soal beberapa pemain favorit saya ya.

1. Miroslav Klose
Pemain Jerman kelahiran Polandia ini membuat saya terpukau pada Piala Dunia 2002. Selain wajahnya cute (teteup…), dia jago banget heading (kata sepupu saya, karena saya pertama kali nonton udah babak semifinal lawan Korea Selatan). Klose jadi peraih Silver Boot dengan 5 gol, di bawah Ronaldo (Brazilian, bukan Portuguese CR7) dengan 8 gol. Tapi hebatnya, semua gol yang dicetak pake kepala, alias nyundul aka heading. Belakangan baru saya tahu, di klub asalnya, Klose emang dikasi latihan khusus. Saya baca di salah satu tabloid bola, Klose kalo latihan di klub Kaiserslautern, dikasi rompi pemberat gitu dan bola diarahkan di atas emang buat disundul doi. Jadi wajarlah kalo akhirnya dia jago heading, pake rompi pemberat aja oke, apalagi nggak pake. Dan nggak lupa, Klose adalah peraih Golden Boot di Piala Dunia 2006.

miroslav-klose-05
Klose tahun 2002, unyu kan?

Tapi selain itu, yang membuat saya bangga sama Klose adalah karakter-nya. Lho, emangnya kenal, kok bisa tau karakternya? Buat saya, hal-hal kecil memperlihatkan karakter asli seseorang.

Pertama, Klose punya keluarga bahagia dengan istri dan sepasang putra kembar yang dilahirkan dalam pernikahan resmi. Lho, apa hubungannya? Dibandingkan dengan banyak pemain sepakbola lain yang kebanyakan punya anak, kadang anak-anak, duluan sebelum menikah, jelas Klose ‘berbeda’, nikah dulu baru punya anak.

57434
His happy family

Kedua, Klose tergolong pemain yang jujur dan sportif. Darimana saya tau? Pernah saya nonton pertandingan, Klose dijatuhkan oleh lawan di kotak penalti dan seharusnya berhak atas penalti, Klose angkat tangan dikit mempertanyakan penalti tapi nggak dikasi wasit. Tau apa yang dia lakukan? Tanpa aksi protes berupa bahasa tubuh ataupun mengumpat (bibirnya nggak bergerak2) ke wasit, dia bangkit dan melanjutkan berlari. Dan yang paling terkenal adalah aksinya yang terakhir saat membela Lazio. Lupa pertandingan Lazio lawan apa, yang jelas waktu itu Lazio dalam posisi ketinggalan. Trus Klose nge-gol-in, tapi pake tangannya, dan di-sah-kan oleh wasit. You know what he did? Dia datangin wasit dan bilang, gol itu nggak sah karena kena tangannya. Whoaaa… Buat saya, untuk nemuin kejujuran seperti itu di jaman sekarang ini udah syusyahhhh. Alhasil, keputusan gol dibatalkan oleh wasit dan Klose dapat kartu kuning, tapi disalamin oleh wasit sebagai tanda salut sama sportivitas-nya. Dan mendadak saya jadi membandingkan dengan gol ‘tangan Tuhan’ nya Maradona. Hehe…. Eh ternyata belakangan saya baru tau, beberapa tahun sebelumnya, Klose pernah melakukan aksi sportif yang mirip. Lupa detailnya, waktu itu Klose lagi berusaha nge-gol-in, sesuai fungsi-nya sebagai striker. Lagi seru-seru nya rebutan bola di daerah penalti lawan, eh Klose dijatuhin sama kiper lawan. Spontan wasit keluarin kartu kuning buat si kiper. Tau nggak? Klose nyamperin wasit dan bilang kalo kipernya nggak salah, karena kipernya kena bola dulu sebelum kaki-nya Klose. Dan akhirnya kartu kuning untuk kiper lawan pun dibatalin.

Klose Fair Play

See? That’s why, after 12 years, I still admire him. Dan senang banget Klose masih bisa ikut Piala Dunia tahun ini. Berharap banget Klose bisa nambah minimal 1 gol di Piala Dunia, supaya bisa nyamain rekor gol Ronaldo, syukur2 kalo bisa 2 gol dan ngelewatin rekor Ronaldo. Eh, he just did it! Klose is now World Cup Legend, 15 goals, and played in 4 WC. Four thumbs up!

1403386458541

1403386528132

2. Phillip Lahm
Why do I love this Germany captain? Pertama : dia jago. Banget. Ya kalo nggak jago mana mungkin bisa main dan jadi kapten timnas sekelas Jerman yang terkenal spesialis turnamen. Ya kan? Iya sih. Tapi saya mulai perhatiin dan jatuh hati sama Lahm sejak 2006, pas doi masih jadi pendatang baru di timnas Jerman dengan posisi bek kiri. Awalnya saya pikir, ini bek kok kecil banget ya, apalagi dibandingin pemain-pemain Jerman lain yang rata-rata menjulang kayak tiang. Tapi ya, lincah bener lari nya. Saya masih belum ngerti banget bola sih, cuma yang saya tau dia larinya cepet, cepet maju waktu nyerang dan cepet pula mundur waktu bertahan. Wah, kecil-kecil cabe rawit juga nih. Dan makin lama saya makin kagum sama doi, selain lari kencang, giring bola jago, kasi umpan-umpan juga bagus, dan sekali waktu dia nge-gol-in sodara-sodara, dengan kondisi tangan di-perban. Lah, apa hubungannya? Ya namanya diperban berarti kan dia nggak dalam kondisi fit 100% dan dia bisa cetak gol dari sisi kiri dengan jarak cukup jauh, buat saya itu luar biasa. Dan akhirnya Lahm pun masuk dalam WC Dream Team 2006 untuk posisi bek kiri. Hebatnya lagi, di Piala Dunia 2010, Lahm diposisikan jadi bek kanan dan doi mengulangi prestasi yang sama bagusnya, dan masuk WC Dream Team lagi. Trus di klub-nya, Bayern Munich, sejak dilatih Pep Guardiola setahun terakhir, Lahm dijadiin gelandan, yang bikin Lahm akhirnya dijadikan gelandang juga di Piala Dunia kali Lahm. Plus kata Guardiola, Lahm adalah pemain paling cerdas yang pernah dilatihnya. Gimana nggak? 3 Piala Dunia, 3 posisi berbeda. Top!

Lahm-philipp-lahm-14952624-600-429
New kid yang hepi abis nge-gol-in

Kedua, nggak jauh beda sama Klose, karakter. Lahm juga membangun keluarga dengan langkah yang benar, menikah dulu baru punya anak. Old school? Maybe, but that’s a great point for me.

article-1289226-0A2E89A5000005DC-905_468x545
Istrnya cantik bener yaaa…

thumb
Julian Lahm, semoga bijak kayak bapaknya

Ketiga, dia pemain yang kalem. Saya perhatiin Lahm kalo main jarang dapat kartu, selain karena jago, jadi kalo tackle murni yang dituju bola, bukan kaki pemain lawan, juga nggak emosian. Makanya waktu 2010 dijadiin kapten sama pelatih Jerman, Joachim Loew, saya seneng banget. Bukan karena Ballack jelek, tapi kapten nggak harus galak kayak Ballack, sometimes kapten harus tenang dan bijak kayak Lahm. Dan ternyata, dibalik bodinya yang imut, Lahm cocok jadi kapten untuk tim sebesar Jerman selama 4 tahun ini dan saya belum liat ada pengganti yang mumpuni untuk kapten Lahm.

51b805a9b203356029-1024x640

3. Neuer
Kiper no 1 Jerman ini sudah mencuri perhatian saya sejak Piala Dunia 2010. Gimana nggak? Banyak banget shoots on goal yang digagalkan Neuer. Salah satu yang paling bersejarah adalah tendangan jarak jauh Gerrard yang ditepis pake jari-nya, jadi bola menyamping dan berakhir dengan corner kick. Liat itu, saya jadi membayangkan Neuer kayak gurita yang berkaki banyak untuk melindungi diri, dia bisa nepis bola pake apa aja, 2 tangan, 1 tangan, 2 kaki, 1 kaki, badan, kepala, sampe jari. Cuma belum pernah liat Neuer nepis pake muka, mungkin takut hilang kegantengannya. Haha…

105637442_neuer_288292c

Dan denger2, waktu Neuer jadi kiper nomor 1 Jerman itu kebetulan loh. Padahal waktu itu saya lagi kuatir Jerman nggak punya pengganti kiper legendaris Oliver Kahn, dan saingan beratnya Jens Lehmann, yang dua-duanya udah pensiun. Nah, waktu itu Neuer kiper ke-3 timnas Jerman. Ternyata kiper utama Jerman waktu itu, Robert Enke meninggal bunuh diri. Dan kiper ke-2 Rene Adler cedera. Jadilah Neuer dapat blessing in disguise jadi kiper nomor 1 Jerman sampai hari ini. Dan menurut sebagian orang, Piala Dunia 2010 lalu lebih cocok Neuer yang dapat Golden Gloves ketimbang Casillas, kalo diliat dari statistik save-nya.

Meskipun jago, Neuer suka ajaib kelakuannya. Kadang-kadang doi maju sampe depan banget. Kalo lagi gregetan sama tim-nya, doi bisa maju sampe deket kotak penalti lawan. Sampe sering dibikin meme soal Neuer yang pengen jadi gelandang di klub-nya sekarang, Bayern Munich, yang berlimpah ruah gelandang. Ini salah satu meme-nya.

Screenshot_2014-06-22-06-53-37

5709350_700b

Tapi harus diakui kejagoan dan percaya diri Neuer tinggi banget. Doi pernah menggagalkan penalty CR7 dan Kaka di semifinal Liga Champions antara Bayern vs Chelsea. Dan di Euro 2012 lalu, dia berhasil menangkis tendangan CR7 dan Van Persie yang juga jagoan di klub dan timnas masing-masing, 1 on 1. Yup, bek Jerman waktu itu pada keasikan maju dan lupa pulang ke pos-nya, sedangkan serangan balik cepat. Untung ada Neuer, palang terakhir Jerman yang emang kokoh banget. Dan baru aja dibuktiin lagi di pertandingan Jerman – Ghana barusan, beberapa shoots on goal Ghana yang kencang berhasil di-blok, termasuk tendangan-tendangan jarak jauh yang tak terduga. Kalo kata komentator-komentator, reflek Neuer tuh cepet banget, dan kadang dia bisa nebak arah bola dengan tepat. Meskipun kebobolan 2 gol tadi jadi skor akhir seri 2-2, bukan berarti Neuer jelek mainnya, tapi karena emang nggak memungkinkan dihalau karena bek-nya entah pada ngapain. Trus yang juga legendaris adalah waktu final Liga Champion tahun 2012, Bayern Munich vs Chelsea, yang harus berakhir dengan adu penalti. Bayern kekurangan pemain yang pede untuk jadi eksekutor. Robben jelas nggak mau ambil penalti, karena di pertandingan yang sama, dia gagal nge-gol-in padahal dapat penalti. Akhirnya majulah Neuer sebagai salah satu penendang penalti. Yup, tetap sekaligus kiper juga. Dan hebatnya, tendangannya masuk karena dia emang tenang dan pede banget. Sayangnya sih akhirnya Bayern kalah.

article-2633931-1E0D2ABF00000578-652_964x496

article-2135160-12C56A4A000005DC-632_634x368

Manuel-Neuer-v-Real-Madrid

Soal karakter, nggak se-spesial Klose dan Lahm, karena Neuer sering marah-marah juga sih. Dan belum tau gimana komitmennya soal pernikahan, karena doi belum merid dan punya anak. But still, he’s my favorite goalkeeper for now. Bukan cuma saya loh, Michael Owen aja selalu bilang Neuer is the best.

86470513_football_147891b

Manuel-Neuer-(22)

Selain 3 pemain Jerman di atas, tentu yang lain juga banyak yang jago-jago. Cuma saya nggak kuat harus nerangin 1-1. Jadi singkat aja ya.

Ada Mesut Ozil, pemain keturunan Turki dengan mata bak ikan mas koki ini, kreator serangan unggul, makanya CR7 sempat sewot waktu Ozil dijual ke Arsenal. Sejak Piala Dunia 2010, Ozil memukau dunia sepakbola dengan skill-nya. Bayangin aja, rebutan bola lawan dan bisa nyeplosin lewat sela-sela kaki atau nipu dengan gocek-gocek tanpa bola. Brilliant player!

Mesut_Özil,_Germany_national_football_team_(02)

Bastian Schweinsteiger, wakil kapten Jerman ini belakangan emang sering cedera jadi mainnya nggak semaksimal biasanya. Tapi nggak boleh dilupain andilnya di timnas Jerman dan klub-nya Bayern Munich. Pemain yang jago tendangan jarak jauh ini udah jadi pemain inti Jerman sejak 2004 dan udah lebih dari 100 caps untuk timnas Jerman.

327660_heroa

Mats Hummels. Hummels memukau dunia sejak Euro 2012. Bek tengah nan muda plus ganteng itu, jago banget ngejagain wilayah permainannya. Berapa kali CR7 susah nembus Hummels saking jagonya motong bola. Tapi doi masih belum stabil banget sih, pernah blunder juga pas semifinal Euro 2012 lawan Italia, dan akhirnya Jerman kalah 2-1. Gimana pun, untuk bek tengah Jerman, he is the best for now.

1831155_w2

Toni Kroos. Spesialis tendangan jarak jauh dan corner kick ini jago banget. Kalo liat statistik, persentase passing sukses nya gila banget, hampir selalu 95%, malah beberapa kali 100%. Manusia, eh pemain macam apa bisa mendekati kesempurnaan seperti itu? Sejak 2010 Kroos udah masuk timnas Jerman, tapi baru Piala Dunia 2014 ini doi rutin jadi starter. Saya harap Bayern mempertahankan pemain andalannya ini, supaya nggak direbut klub lain.

hi-res-147372418-toni-kroos-of-germany-during-the-uefa-euro-2012-semi_crop_exact

Thomas Muller. What can I say about this golden boy? Sempat dikira ballboy sama Maradona, pelatih Argentina yang songong abis di Piala Dunia 4 tahun lalu, eh Muller berakhir dengan nge-gol-in ke gawang Argentina dan memulai mimpi buruk Argentina di semifinal dengan kalah telak dari Jerman 0-4. Plus penerima Best Young Player dengan umur 21 waktu itu, dan Golden Boot pula, dengan 5 gol dan 3 assist, ngalahin Diego Forlan dan David Villa yang juga cetak 5 gol tapi assist di bawah doi. Kalo diistilahkan, Muller ini adalah ‘penerjemah ruang’. Dia bisa nggak main spesial, tapi tiba-tiba muncul (menurut saya kayak kancil) nemu ruang kosong dan cetak gol.

thomas-muller

Mario Gotze, Sami Khedira, Andre Schuerle, Lukas Podolski, Jerome Boateng, and many more classy players in German National Team, starter or substitute players. Jerman punya kualitas tim yang merata, dimana pemain pengganti nggak kalah kualitas sama pemain inti. Kadang malah pemain pengganti lebih maknyus mainnya. Kayak Klose tadi, cetak gol 114 detik setelah dimainkan. See? Belum lagi pemain muda macam Julian Draxler, Skhodran Mustafi (kalo nggak salah tulis) dan Erik Durm yang baru ikut Piala Dunia untuk pertama kali-nya, punya kualitas jempolan karena bisa nyaingin pemain-pemain senior yang nggak dipanggil ke timnas.

Sayangnya beberapa pemain andalan Jerman nggak bisa ikut karena cedera, ataupun emang kalah bersaing dengan sesama pemain yang lebih meyakinkan. Marco Reus cedera, Ilkay Gundongan cedera, Lars Bender cedera, Holger Badstuber udah cedera setahun terakhir padahal andalan di Euro 2012, Marcel Schmelzer kalah saing sama pemain baru Erik Durm.

Nggak lupa salut untuk Joachim Loew, pelatih Jerman yang keren nan modis, sejak 2006 yang udah banyak merubah wajah timnas Jerman jadi lebih menyerang dan banyak pemain muda. Nggak bisa bayangin gimana timnas Jerman tanpa doi nantinya.

Germany-National-Football-Team--1024x576

1 (7)

Tapi, sekarang saya lagi berdoa banyak-banyak supaya Jerman bisa menang Piala Dunia tahun ini. Udah cukup lama timnas Jerman nggak pegang trofi, padahal pemain-pemainnya kelas dunia semua. Semoga tahun ini Jerman main dengan stabil dan selalu disertai ‘luck’ supaya bisa menang dan mengangkat trofi internasional setelah sekian tahun. Supaya pemain-pemain favorit saya di atas juga punya capaian puncak sebagai generasi emas Jerman pemenang Piala Dunia. Amin!

Credit to pictures : http://www.dailymail.co.uk, http://www.uefa.com, thetimes.co.uk, twitter account @bolajerman, and many more from google.

Advertisements

One thought on “World Cup 2014 and Germany”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s