Mendadak Traveler ?

Yang baca blog aku pasti tahu sejak kapan aku jatuh cinta dengan travelling. Tapi belakangan aku merenung, sebenarnya sejak kapan sih aku benar-benar doyan travelling? Aku memutar memori.

Tahun 2013, sebelum perjalanan bersejarah-ku ke Bali, aku pernah berlibur di Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu dan snorkeling untuk pertama kalinya disana. Dan pernah juga 2 minggu ke Batu, Malang untuk urusan pekerjaan, tapi boro-boro bisa main atau keliling, lha wong kerjaan aja dibawa pulang ke hotel dan makan malam setiap hari di alun-alun. Aku sempat merayu teman-temanku untuk ke Bromo pada weekend, cuma waktunya nggak memungkinkan. Tapi… Tiap perjalanan dari hotel ke kantor selama 5 menit naik mobil, aku selalu memandang deretan gunung dengan mupeng : pengen naik gunung!

Di salah 1 pulau tak berpenghuni di Kepulauan Seribu
Di salah 1 pulau tak berpenghuni di Kepulauan Seribu
Bayi-bayi penyu di penangkaran penyu Pulau Pramuka
Bayi-bayi penyu di penangkaran penyu Pulau Pramuka
Sunrise view dari menara di hotel di Batu, Malang
Sunrise view dari menara di hotel di Batu, Malang

Tahun 2012, aku pertama kali ke Bali dan membawa pulang kesan buruk. Tapi kalau dipikir-pikir, justru karena kejadian nggak enak di Bali tahun 2012 itulah yang membawa aku kembali ke Bali tahun 2013.

Bebek tepi sawah resto, pura and my rented villa
Bebek tepi sawah resto, pura and my rented villa
Outside Hardrock Cafe and somewhere in Tanah Lot
Outside Hardrock Cafe and somewhere in Tanah Lot

Tahun 2011, aku ke Bandung sama rombongan kantor tapi cuma sempat ke Kawah Ratu sebentar trus sisanya ngabisin waktu di vila. Lalu seminggu kemudian aku ke pantai Anyer sama beberapa teman gereja. Cuma numpang nginep karena sampai sana udah hampir tengah malam dan besok siangnya udah harus pulang ke Jakarta. Sempat main banana boat sekali dan langsung kapok karena badan ketindihan sama teman yang badannya jauh lebih gede dan kepala kejedug kencang, plus pelampung (yang satu-satunya penolong manusia nggak bisa berenang macam aku) hampir lepas karena jepitnya udah kendor dan 2 dari 3 jepit sudah terlepas. Hii…

Kawah Ratu, Bandung
Kawah Ratu, Bandung

Tahun 2007, aku liburan ke Bandung Selatan, entah apa nama tempatnya lupa. Cuma di vila, tapi dekat sungai yang lumayan asik buat main. Jadilah main air di sekitaran sungai. Dan disitulah aku menemukan bakat foto. Hahaha… Lebai sih kalo dibilang ‘bakat foto’ tapi memang hasil jepretan-ku lebih bagus dari semua teman-teman yang ikut lho. 😀

Tahun 2006, aku dan teman-teman sekelas di kampus menginap di vila di Puncak, sekitaran Gunung Mas. Besok pagi-nya kami hiking. Sudah jalan cukup jauh, aku melihat bukit di depan mata, dan mupeng lah aku pengen naik sampai ke puncak. Udah semangat tingkat tinggi, eh teman-temanku nggak ada satu pun yang mau diajak naik, baik cewek maupun cowok. Jiahhh… Daripada aku nekat naik sendiri dan nggak bisa pulang, aku mengurungkan niat.

Lalu tahun-tahun lainnya? I’m pretty much a stay at home girl. Rutinitas cuma rumah – kantor – gereja, sesekali ke mall. Jalan-jalan paling kalau ada acara retreat dari gereja. Itu pun salah satu acara paling kutunggu adalah sesi bebas, jadi bisa main ke sungai atau lihat-lihat alam sekitar.

Salah 1 retreat, di Gadog
Salah 1 retreat, di Gadog

Eh, tapi… Aku pernah beberapa kali ikut ibadah padang (ibadah di luar gereja) di Cibodas. Karena cuma rumpur-rumput aja, tiap kesana bawaannya aku pengen jalan ke air terjun, tapi nggak pernah berhasil. Pernah juga waktu masih sekolah diajak jalan-jalan sama almarhum nenek-ku ke Danau Situ Patenggang di Bandung, danau yang pinggirnya pasir. Dan aku langsung minta naik perahu ke tengah danau, dan kesampaian meskipun ngeri-ngeri sedap juga naik perahu kecil yang bergoyang-goyang di tengah danau luas.

Kalau dipikir-pikir, berarti aku memang dari dulu udah doyan alam. Tanpa sadar, bibit traveler itu udah ada dalam diri-ku, cuma belum terlihat jelas aja. So, I’m not a ‘mendadak’ traveler after all. 😉

Somewhere near Lake and Mount Batur, Bali
Somewhere near Lake and Mount Batur, Bali

Note : harap maklum kalo foto ada yang nggak tajam, sebagian pake kamera blackberry yang 2MP, dan itu juga sisa-sisa foto yang ter-back up sebelum memory card rusak.

2 thoughts on “Mendadak Traveler ?”

Leave a Reply

